#FJ1 - Jurnal Refeksi Zoom #1

Haii semuaa!!! Ini adalah jurnal refleksi aku untuk zoom perdana tema F, di eksplorasi kali ini aku masuk ke tim Air 💦 dengan 6 presonil (kayak k-pop band aja deh) 

1. Aku (Alisha) 

2. Azwa

3. Manggar

4. Mina

5. Najiha

6. Khansa

  Lagi-lagi tim kuasa perempuan semuaaa, semoga tema selanjutnya perempuan semua lagi deh, kayak seru gitu ga perlu canggung amat. Perasaanku senengggg bangett, bukan hanya karna timku perempuan semua tapi juga di eksplorasi ini kita banyak praktek gituu, kayak waktu tukar barang dan tantangan yang lagi kita kerjakan sekarang yaitu mengumpulkan sampahku selama 10 hari, kalau anak sekolah mana mungkin dapat tugas kayak gini. 

  Bagian yang aku paling suka dari zoom kali ini adalah saat kita menonton film dan menjawab pertanyaan di edpuzzle, kita salah 2 pertanyaan yang pertama itu yang pertanyaannya tentang apa yang kita lihat di bagian awal video ini, aku merasa kalau tidak ada hewan di cuplikn itu, tapi ternyata ada, dan pertanyaan kedua yaitu bahan apa yang sedang di angkut ke bangunan itu, aku kira sampah karna di tumpuk gitu dan warna warni, ternyata oh ternyata itu bahan baku untuk membuat handphone. 

  Aku belajar kalau di luar itu ternyata banyak sekali orang yang selalu mau mengikuti trend, orang-orang yang mungkin takut ketinggalan jaman, atau orang yang di bully karna barang mereka tidak keren atau tidak update, bisa juga karna mereka kebanyakan uang mungkin wkwkwk. Terampilanku yang terasah adalah berfikir sistem, mengatasi masalah (saat kita menentukan gaya apa untuk foto) dan menjelaskan apa yang kita dapat dari video yang tadi. 


Refleksi video

  Menurut aku apa yang ingin disampaikan oleh pembuat video adalah, berfikirlah 2 kali sebelum kita membuang ataupun membeli barang, apakah barang yang ingin kita buang masih bisa di pakai atau di berikan kepada orang yang lebih membutuhkan? Apakah barang yang ingin kita beli benar-benar kita butuhkan atau hanya karna keinginan mengikuti trend dan terlihat keren? Apakah semua update bagus dan berguna? Atau malah membuat kita sedih dan bumi hancur? Aku setuju sekali dengan pembuatan video ini, selain memberi peringatan, video ini juga bisa menjadi motivasi agar kita selalu bersyukur dengan apa yang kita punya, bukan malah menghambur uang untuk barang yang tidak penting. 

  Menurut aku hubungan video ini dengan eksplorasi tema E adalah, bagaimana agar hidup kita sustainable, HP yang di video itu seperti ikan, Lama-lama kalau kita tidak hati-hati bisa membuat kehidupan kita rusak, bedanya kalau ikan habis sementara HP bertambah banyak. 

  Apa yang membuat aku bahagia, setiap orang pasti bahagia bila menerima sesuatu yang baru, aku pun begitu, aku senang kalau mama memberikan baju baru, tapi aku tidak senang kalau misalnya aku yang sudah punya HP di berikan HP lagi, kan jadinya HP yang dulu ngga terpakai lagi padahal masih bagus, kecuali kalau memang hpku sudah kentang, atau rusak pasti aku senang. Seperti beberapa bulan yang lalu, papaku memenangkan doorprize HP, padahal keluarga ku semua sudah punya HP (kecuali adikku yang baru berumur 7 tahun) jadi HP itu kita biarkan saja, tapi setelah beberapa minggu ternyata LCD hpku yang dulu lepas dan suka error, sebenarnya aku hanya sedikit terganggu, masalahnya hanya kadang kalau aku sedang mengetik suka tiba-tiba seperti ada yang pencet hapus jadi harus ketik ulang, aku awalnya tidak mau ganti HP tapi kata mamaku dari pada HP yang hadiah itu ngangur aja sementara aku terganggu dengan kekuatan ajaibnya LCD lepas,  mending aku pakai yang baru saja. 

  Pertanyaan yang muncul, aku ada beberapa pertanyaan yaitu, 

Mengapa orang tak pernah puas? 

Kenapa manusia begitu mudah di goda oleh iklan yang hanya gambar atau kata kata yang sebenarnya sangat mudah untuk kita hindari? 

Mengapa ada orang yang takut ketinggalan jaman? Padahal itu bukan musibah seperti gempa atau penyakit yang bisa mematikan seperti corona ini, atau pun hantu yang suka menakuti fikiran kita kok. 


Fuhh akhirnya selesai juga, makasih yaa yang sudah mau membaca jurnal ku, sampai jumpa di jurnal aku yang selanjutnya, byeee!!!! 👋👋👋

Alisha💗

Comments

Popular posts from this blog

Wawancara ketua RT

Pendapatku tenteng Explorasi Pandemik

#EJ1 - Jurnal Refleksi Pertemuan Perdana