#EJ2 - Jurnal Refleksi Pertemuan Zoom #2

 Hiii, ini adalah jurnal refleksi aku untuk pertemuan kedua SC Eksplorasi tema Ikan

Perasaanku ya biasa aja sih sebenarnya, tapi senang juga. Bagian yang paling aku suka dari aktifitas kemarin adalah saat bermain mancing ceria pastinya. Aku belajar kalau orang itu berbeda-beda, ada yang tidak mengerti soal betapa pentingnya untuk kita selalu ingat orang lain dan masa depan. Seperti di kelompok aku, ternyata Amina tidak terlalu mengerti soal peraturannya jadi dia ambil aja sebanyak-banyaknya, saat aku tanya di WA aku tanya apa dia ngerti cara bermain gamenya, ternyata dia hanya tahu untuk ambil ikannya saja padahal harus punya srategi di permainan ini. Dan aku juga jadi tahu kalau kadang manusia perlu penjelasan beberapa kali termasuk aku juga kadang. 


Games Mancing Ceria

DATA MANCING CERIANama NelayanAlishaNama PulauAlor
KAPAL
Catat jumlah ikan yang didapat dan hitung jumlah uang yang didapat tiap tahun oleh kapal kamu
Harga Ikan / Warna
Tahun 1Tahun 2Tahun 3
Jumlah IkanPendapatanJumlah IkanPendapatanJumlah IkanPendapatan
Rp. 10 jt / Hijau
Rp. 20 jt / Biru1Rp.20 jt
Rp. 20 jt / Pink1Rp.20 jt
Rp. 50 jt / Orange
LAUT
Catat jumlah ikan yang tersisa di laut
Harga Ikan / WarnaTahun 1Tahun 2Tahun 3Tahun 4
Rp. 10 jt / Hijau21
Rp. 20 jt / Biru00
Rp. 20 jt / Pink20
Rp. 50 jt / Orange00
PULAU
Catat jumlah uang yang dihasilkan oleh seluruh nelayan yang tinggal bersama di pulau kamu
Nama NelayanTahun 1Tahun 2Tahun 3Tahun 4Total pendapatan tiap nelayan selama 4 tahun
KamuRp.20 jtRp.20 jt
Teman 1 MinaRp.370 jtRp50 jt
Teman 2 NadhiraRp.100 jtRp.100 jt
Teman 3 AraRp.50 jtRp.10 jt
Teman 4 ___________
Pendapatan total per tahunRp.540 jtRp.110 jt

Strategi pertamaku adalah ambil sedikit ikan saja yang penting hasil pendapatanku minimal 20 jt. Tapi saat tahun pertama ikan di laut kita habis untungnya Kak Shanty memberi kita kesempatan untuk melepaskan beberapa ikan, jadi aku lansung melepaskan 2 ekor ikan warna hijau dan 2 ekor warna pink, tapi semua teman-temanku tidak ada yang mau melepaskan ikannya aku agak kesal karna nanti mereka pasti akan mengambil hasil yang aku lepaskan juga tapi ini kan hanya permainan jadi apa gunanya aku marah kan? Hasil kami satu pulang di bandingi tahun pertama dan tahun kedua lumayan jauh Rp.440 jt, srategiku sudah pasti minimalkan ikan yang di ambil tapi hasilnya hanya sedikit, untungnya kita masih bisa bertahan di tahun kedua. Kalau aku menebak-nebak kayaknya strategi aku dan teman-temanku (kecuali Amina karna tidak terlalu mengerti) sama, dan kita semua tahu kalau kita juga cuman ambil 1 ikan hijau pasti tidak bisa bertahan. Wow moment? Saat di tahun ke dua hampir semua pulau tidak bisa lanjut. AKu rasa srategiku bisa bekerja tapi aku hanya perlu memberi tahu teman-teman timku agar kita bisa kompak.

Itu dulu dari aku yaa... Byee!!!

Alisha💗

Comments

Popular posts from this blog

Wawancara ketua RT

Pendapatku tenteng Explorasi Pandemik

#EJ1 - Jurnal Refleksi Pertemuan Perdana