#EJ1 - Jurnal Refleksi Pertemuan Perdana

 Hiii, ini adalah jurnal refleksi aku untuk pertemuan perdana SC Eksplorasi Ikan atau tema E.

Perasaanku ya biasa aja campur senang karna aku sudah ikut eksplorasi sejak tema A yaitu tentang Pandemi, tapi senang juga bisa main dan belajar lagi bareng teman-teman eksplorasi setelah beberapa batch tidak ada eksplorasi, dan juga timku perempuan semua lagi!!! Bagian yang paling aku suka dari aktifitas kemarin adalah saat bermain games Mancing Ceria, awalnya ya kirain cuman rebutan ikan tapi ternyata ada suatu pelajaran di balik permainan ini, aku juga senang banget saat dengar ada tugas riset tentang nama tim kita yaitu Pulau Alor. Di pertemuan ini aku dapat banyak pelajaran salah satunya adalah tentang maksudnya kehabisan ikan, awalnya jika lihat di internet soal ikan mati karna terjerat plastik dan terlalu banyak nelayan yang menangkap ikan aku selalu kira kalau apasih salahnya? Mereka kan butuh makan juga lagian ikan sudah pasti akan bertambah banyak, tapi ternyata aku salah justru kalau di ambil terus bagaimana bisa berkembang biak. Dan juga kemampuan berpikir kritisku terasah.


Games Mancing Ceria

Aku tidak tahu cara convert dari file Excel menjadi PNG, jadi datanya aku jadikan PDF saja ya,

Sesuatu yang lansung dapat di lihat jelas dengan hasil permainan kita semua yaitu... KITA SEMUA SERAKAH, Aku jelas berfikir lebih banyak lebih mahal tapi itu hanya sementara, saat kita ingin mancing lagi apa yang mau kita ambil? Semuanya sudah habis tidak tersisa kecuali Pulau Bangai yang memang membernya hanya 2 orang yang datang, ternyata memancing tidak asal ambil ikan tapi harus ingat orang lain dan juga kita kedepannya. Kalau kita menyisakan 5 pasang ikan tahun depan kita ada dapat 5 ikan baru jadi sama dengan 15 ekor yang bisa kita ambil lagi, tapi tentu tidak lupa untuk tetap menyisakan. Jelas iya aku mau main lagi game Mancing Ceria ini di rabu depan, alasannya? Aku ingin mencoba taktik yang lain selain mengambil semua ikannya.

Pertanyaan yang muncul:

- Kalau memancing harus menyisakan beberapa ikan bagaimana jika terpaksa mengambil semua?

- Apakah semua nelayan mau mengambil semua ikan di laut? atau masih ada yang ingat tentang kedepannya

- Apa solusinya agar semua bisa menikmati ikan tanpa ikan habis?


Itu dulu dari aku yaa... Jangan lupa makan ikan agar sehat!

Alisha💗

Comments

Popular posts from this blog

Wawancara ketua RT

Pendapatku tenteng Explorasi Pandemik