Tugas tantangan #TA2

 Hai semua👋 hari ini aku akan menceritakan perjalananku menyelesaikan tantangan #TA2.


Ini lah daftar perilaku yang diamati dari seluruh grafik yang di buat oleh aku dan teman-teman timku.

Lama mengerjakan tantangan

Bagian A: 8 Agt 2021 19.00 - 11 Agt 13.00

Bagian B: 11 Agt 15.20 - 13 Agt 14.30

Bagian C: 13 Agt 17.00 - 

Daftar perilaku dari grafikku

Nama: Alisha

Perilaku yang berubah (Sumbu-Y) 

Rentang waktu (Sumbu-X) 

Moodku

 Dari jam 6 pagi - 8 malam

Kerapihan kamar main/tidur siang

Dari jam 8 pagi - 7 malam

Rasa lapar

Dari jam 7 pagi - 5 sore

Pesan Whatsapp yang masuk

Dari 12 siang - 6 malam

Hentakan jantungku

Dari jam 7 pagi - 1 siang


Daftar perilaku dari grafik Raja

Nama: Raja

Perilaku yang berubah (Sumbu-Y) 

Rentang waktu (Sumbu-X) 

Listrik yang terpakai

Selama 7 bulan

Beras

Selama 7 bulan

Galon air

Selama 7 hari

Tepung roti

Selama 4 minggu 

Gas LPG

Selama 7 hari


Daftar perilaku dari grafik Nathan

Nama: Nathan

Perilaku yang berubah (Sumbu-Y) 

Rentang waktu (Sumbu-X) 

Stok beras di rumah

Selama 4 minggu

Pakaian di lemari 

Selama 7 hari 

Pertumbuhan tanaman

Selama 5 bulan

Air yang di minum 

Selama 7 hari 

Pengunaan listrik di rumah 

Dari jam 7 pagi - 9 malam


Daftar perilaku dari grafik Oji

Nama: Oji

Perilaku yang berubah (Sumbu-Y) 

Rentang waktu (Sumbu-X) 

Motor yang lewat selama 5 menit

Dari jam 8 pagi - 5 sore

Burung yang di amati selama 5 menit

Dari jam 8 pagi - 5 sore

Mobil yang lewat selama 5 menit

Dari jam 8 pagi - 5 sore

Berat badan

Dari jam 8 pagi - 5 sore

Tingkat kelaparan dalam 5 menit

Dari jam 8 pagi - 5 sore


Daftar perilaku dari grafik Aiya

Nama: Aiya 

Perilaku yang berubah (Sumbu-Y) 

Rentang waktu (Sumbu-X) 

Suhu udara

Dari jam 8 pagi - 8 malam

Air minum dirumah

Selama 3 hari

Stok beras di rumah

Selama 7 hari

Berat badan

Selama 4 tahun

Tinggi badan

Selama 4 tahun


Jawabaan pertanyaan grafik

2. Perhatikan variasi besarnya rentang waktu yang dipilih olehmu dan temanmu. Berapa rentang waktu terkecil yang kamu temukan? Berapa rentang waktu terbesar yang kamu temukan? 

Rentang waktu terkecil adalah: Grafiknya aku selama 7 jam. Rentang waktu terbesar adalah: Grafiknya Aiya selama 4 tahun.

3. Apakah ada kesamaan pilihan perilaku yang diamati antara kamu dan temanmu?

Ada satu yang sama dengan punyaku yaitu punya Oji bertema rasa lapar.

4. Apa ada yang mengagetkan ketika kamu melakukan proses pengamatan perubahan di sekitarmu? Apakah ada perubahan yang tidak seperti dugaanmu? Bila ya, coba ceritakan.

Ada perubahan yang mengagetkan yaitu di grafik tentang rasa lapar, jadi aku suka makan jadi aku penasaran kalau aku bikin grafik tentang rasa lapar apakah semua akan sesuai dugaanku? Ternyata malah salah sekali dugaanku, ternyata aku hanya lapar jika melihat makanan dan aku sempat bigung tapi ya ternyata begitu hasilnya.

5. Apa pertanyaan yang timbul ketika kamu melakukan pengamatan perubahan di sekitarmu?

Sebenarnya tidak ada karena aku mengerti kenapa grafikku bisa naik-turun atau sedikit perubahannya.

6. Apa "wow moment" atau pencerahan yang kamu alami saat memperhatikan perubahan yang terjadi di sekitarmu? 

Tidak ada sebenarnya.

7. Apap pelajaran yang kamu dapat dari menggambar grafik perubahan terhadap waktu?

Aku belajar bahwa semua hal itu berhubungan denga waktu seperti teori Einstine tentang adanya 4 demensi di dunia ini yaitu sumbu Y, sumbu X, sumbu Z dan waktu. Aku sebenarnya dulu masih bingung tentang teorinya, tapi setelah mengerjakan tantangan membuat grafik, aku sekarang mengerti tentang teorinya.

8. Sekarang perhatikan grafik yang dibuat oleh teman-temanmu satu tim. Apa hal yang diamati oleh temanmu yang menurutmu paling menarik?

Menurutku hal yang paling menarik yang di amati oleh teman-temanku adalah grafik Aiya yang temanya tentang tinggi badan, karena melihat aku tidak pernah cek tinggi tubuh jadi ini paling menarik untukku.

9. Lalu perhatikan naik turun perilaku pada grafik temanmu. Apakah ada grafik temanmu yang tidak seperti dugaanmu? Bila ya, coba ceritakan.

Menurutku yang di luar dugaan adalah grafik Oji yang bertema berat badan karena masa berat badan bisa berganti segitu cepatnya?

10. Apa pertanyaan yang muncul saat mengamati naik turun pada grafik perilaku yang di buat temanmu? Pikirkan minimal 1 pertanyaan untuk setiap teman di dalamilla illa B.I timmu.

Aiya: Kamu emang sebenarnya catat tinggi badan dan berat badan setiap tahun ya?
Aku perkirakan saja

Raja: Kamu gimana cara menghitung listrik yang terpakai aku ga tahu soalnya? 
Aku beli listrik online jadi bisa lihat historynya

Aiya: Kamu emang sebenarnya catat tinggi badan dan berat badan setiap tahun ya?
Aku perkirakan saja

Nathan: Kamu apakah mengirangira untuk membuat grafik pertumbuhan tanaman? 
Aku perkirakan aja.

Oji: Kamu apa beneran menunggu 5mnt untuk mendapatkan hasil berapa banyak burung yang lewat? Iya jadi perjam aku duduk nyalain timer terus hitu berapa burung yang lewat.

Pertanyaan dari teman-temanku

Pertanyaan Aiya: Kenapa hentakan jantung kamu turun ketika jam 11? 
Karena dari jam 10 aku kelas ngaji sampai jam 11 makanya rendah waktu selesai.

Pertanyaan Oji: Kenapa kamu sering naik-turun moodnya? 
Karena aku senang kalau lagi makan makanan enak, dan aku sedih biasanya karena lagi harus belajar.

Pertanyaan Raja: Itu alat untuk ngukur detakan jantung kayak jam tangan atau gimana?
Aku pakai Oxymeter yang baru di beli mamaku.

Pertanyaan Nathan: Apa penyebab kamu moodnya turun bgt?
 Karena aku lagi harus belajar agama.


Refleksi 11 Agt 2021

1. Apa manfaat yang kamu rasakan dengan mendapat pertanyaan dari teman-temanmu saat diskusi?

Aku merasa sangat gugup karena tidak tahu ngomong kayak gimana pas diskusi.

2. Apa yang terasa paling menantang dalam mengerjakan tantangan kali ini? 

Yang paling menantang adalah mengatur waktu karena aku sempet lupa kalau ada tugas tantangan.

3. Apakah kamu berdiskusi dengan orangtua atau keluarga lain di rumah saat mengerjakan tantangan kali ini? Bila ya, apa manfaat yang kamu rasakan dengan berdiskusi bersama keluarga? 

Aku tidak berdiskusi dengan orangtua aku mengerjakannya sendiri.

4. Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan tiap bagian tantangan ini (A, B, C)?

Bagian A: 8 Agt 2021 19.00 - 11 Agt 13.00

Bagian B: 11 Agt 15.20 - 13 Agt 14.30

Bagian C: 13 Agt 17.00 - 13 Agt 17.20

Terima kasih kakak-kakak fasilitator telah mendampingi kami, udah dulu yaa... Sampai jumpa lagi byee.

Alisha💗   

Comments

Popular posts from this blog

Wawancara ketua RT

Pendapatku tenteng Explorasi Pandemik

#EJ1 - Jurnal Refleksi Pertemuan Perdana